berbagai artikel tentang dunia pendidikan, info terbaru dan populer

Selasa, 13 Maret 2012

Tipe-tipe perencananaan dalam manajemen

Assalamualaikum

Tipe-tipe perencananaan dalam manajemen - Guys, hari ini sebuah hari yang spesial karena untuk para pengunjung setia blog gudang studi ini dinamakan kawan studi, selamat hehehe. Oke guys, sesuai yang dengan saya janjikan beberapa hari kemarin dipostingan Tahap-tahap Perencanaan | Tahap-Tahap Perencanaan dalam manajemen kali ini kita membahas Tipe-tipe perencanaan dalam manajemen yang didalamnya terdapat bagaimana pengertian dan cara membuat sebuah rencana sekali-kali atau yang biasa disebut rencana B. Memang dalam menentukan tujuan dalam hidup ataupun kegiatan lainnya, harus dibuatkan sebuah ramuan khusus ala para master bisnis yaitu sebuah RENCANA. Jika kawan studi membaca artikel kami dari awal hingga akhir tentang manajemen sebuah perencanaan maka kawan studi akan mengerti sampai dengan postingan ini. Ini merupakan postingan akhir bab dari teori perencanaan tersebut, dan akan kami bahas panjang lebar sampai puas hehe. Bagi kawan yang ingin mendownload file(isizidu)nya dari beberapa judul sebelumnya. sudah kami persiapkan dengan rapi dalam bentuk powerpoint agar kawan mudah mempelajarinya, dan itu juga mempermudah kawan studi untuk mempresentasikannya, sip dah.
Oke kawan studi, sekarang kita go to topic, sebelum itu bagi yang mau download filenya klik dibawah ini gratis loh kawan studi.
Tipe-tipe perencananaan dalam manajemen
Next kawan studi kita bahas tentang Tipe-tipe perencanaan dalam manajemen yang begitu berkaitan juga dengan manajemen.
Sebelum itu meri kita kenalan dulu dengan Beberapa pengertian pokok 
  • Strategi  : adalah program umum untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi dalam pelaksanaan misi.
            Strategi juga memberikan pengarahan terpadu bagi organisasi dan berbagai tujuan organisasi, serta memberikan pedoman tentang pemanfaatan sumber daya organisasi yang akan digunakan untuk pencapaian tujuan. 
  •  Program   : adalah serangkaian kegiatan yang relatip luas. Program mencakup langkah-langkah pokok untuk mencapai tujuan.
            Terdiri  : - Satuan/para anggota yang bertanggung jawab.
                           - Urutan dan waktu setiap langkah.
  • Proyek            : adalah rencana sekali pakai yang lebih sempit dan merupakan bagian terpisah dari program.
·         Proyek merupakan ruang lingkup yang terbatas, arah          penugasan yang jelas dan waktu penyelesaian.
·         Tanggung jawab dari suatu proyek adalah personalia yang ditunjuk oleh pimpinan perusahaan.
  • Anggaran       : adalah laporan sumber daya keuangan yang disusun untuk kegiatan tertentu dan jangka waku tertentu.
            Anggaran juga merupakan peralatan pengawasan kegiatan organisasi dan kegiatan
Oke akhirnya kita ke pembahasan, selamat membaca.
Tipe-tipe perencananaan dalam manajemen terdapat lima dasar klasifikasi diantaranya adalah :
1.    Bidang fungsional
Bidang fungsional itu sendiri mencakup beberapa aspek meliputi :
·         Rencana Produksi           : Kebutuhan bahan scheduling produksi dll
·         Rencana Pemasaran       : Target Penjualan, Promosi dll.
·         Rencana Keuangan         : Modal Usaha, keuntungan yang akan diperoleh.
·         Rencana Personalia        : Kebutuhan pegawai, pengembangan dan pembinaan dll.
2.  Dalam tingkatan Operasional mencakup operasi keseluruhan organisasi dan satuannya.
3.    Tingkat karakteristik mencakup :
·         Kompleksitas
·         Rasionalitas
·         Fleksibilitas
·         Kuantitas dan kualitas
·         Kerahasiaan
·         Biaya
4.    Aspek waktu mencakup :
·         Jangka Pendek
·         Jangka panjang
·         Jangka panjang
 5.    Dan tidak konsistennya suatu rencana.
·         Anggaran
·         Prosedure

Sedangkan tipe utama dari sebuah rencana adalah sebagai berikut :
1.    Rencana Strategik
            Yaitu rencana yang dirancang untuk memenuhi tujuan organisasi yang lebih luas misalnya : Implementasi Visi dan Misi dalam suatu perusahaan sesuai dengan keberadaan organisasi.
2.    Rencana Operational.
            Yaitu merupakan penguraian rinci bagaimana rencana strategic dapat dicapai yang didalamnya terdapat rencana sekali-kali mari kita bahas.
Rencana Operational dibagi menjadi 2 (dua) :
-          Rencana sekali pakai → Rencana yang dikembangkan untuk mencapai tujuan tertentu dan tak digunakan kembali bila telah tercapai tujuannya. rencana ini juga sering disebut rencana cadangan ataupun rencana B. Contoh : Program, Proyek, Anggaran dan Rencana Detail. Rencana ini disebut Single Use Palns.
-      Rencana Tetap (Standing Plans) → Rencana ini merupakan pendekatan-pendekatan standard untuk menangani situasi yang dapat diperkirakan dan terjadi berulang. Contoh : kebijaksanaan, prosedure dan metoda standard serta peraturan-peraturan.
Jenis-jenis rencana tetap diantaranya adalah sebagai berikut :
1.    Kebijakan (Policy) adalah merupakan garis pedoman untuk pengambilan keputusan.
            *           Kebijakan dibuat secara formal dan rinci oleh manajer puncak        organisasi.
            *           manajer membuat kebijakan karena :
·         Kebijakan akan meningkatkan efektifitas organisasi
·     Menghilangkan pertentangan atau kekacauan yang timbul pada tingkat yang lebih rendah dalam organisasi.
2.    Prosedure Standard adalah seperangkat petunjuk terinci untuk melaksanakan urutan tindakan yang sering atau biasa terjadi.
            Misalnya : dalam suatu organisasi penjualan yang menangani barang-barang yang dikembalikan oleh konsumen harus dengan :
            -           Senyum pada pelanggan.
            -           Periksa tanggal pembelian dll-nya.
3.    Peraturan : adalah kenyataan bahwa suatu tindakan harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan dalam situasi tertentu.
            Dalam melaksanakan suatu aturan anggota organisasi tidak mempunyai pilihan melainkan harus mematuhinya.
Oke kawan studi dari beberapa penjelasan diatas tentang Tipe-tipe perencanaan dalam manajemen dapat disimpulkan bahwa dalam sebuah rencana terdapat beberapa aspek yang harus ditaati terutama dalam mebuat rencana tetap. Dengan demikian jika sebuah rencana berjalan dengan lancar harus didukung oleh kemampuan dan kesungguhan orang yang terlibat dalam perencanaan.
Dan akhirnya materi perencanaan ini pun selesai, semoga dapat berguna bagi siapa saja yang membaca terutama kawan studi. Dalam pembuatan artikel Tipe-tipe perencanaan dalam manajemen ini kami mengambil dari materi yang sudah didapat dari pembelajaran kami, yang ingin kami tuangkan dalam tulisan dan membaginya kepada para pembaca dan pengunjung setia gudang studi atau biasa disebut kawan studi agar bisa memahami pentingnya rencana dan tahap-tahap perencanaan. dengan menjalankan Kiat-kiat mendapatkan pagerank ditambah perencanaan yang baik, akhirnya Gudang Studi dihadiahi pagerank 1 oleh google.
Jangan lupa berkunjung lagi ke blog yang sederhana ini, kami berusaha menyajikan postingan berkualitas untuk para kawan studi semua.
Wassalamualaikum.

Tipe-tipe perencananaan dalam manajemen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: hichall

0 komentar:

Posting Komentar

punya masukan ?
unek-unek ?
silahkan tulis dibawah ini :)